JAM  KERJA  SEKRETARIAT  GEREJA :       Selasa ~ Sabtu : 08.00 - 19.00,  Istirahat : 12.00 - 13.00            Minggu   : Pagi 07.00 - 10.00 , Sore 17.00 - 19.00.             LIBUR setiap Hari Senin dan Hari Libur Nasional           Telp : 6711509

Jumat, 18 Januari 2013

Hari 100 KGK

Hari  100

Artikel  7.  "DARI SITU IA AKAN DATANG, MENGADILI ORANG HIDUP DAN MATI"

I.  Ia akan Datang Kembali dalam Kemuliaan...

Kristus sudah Memerintah melalui Gereja...

668.  "Kristus telah-wafat dan hidup kembali,supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang-orang mati, maupun atas orang-orang hidup" (Rm 14:9). Kenaikan Kristus ke surga berarti bahwa Ia sekarang dalam kodrat manusiawi-Nya ikut serta dalam kekuasaan dan wewenang Allah. Yesus Kristus adalah Tuhan: Ia mempunyai segala kuasa di surga dan di bumi. Ia "jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan" dan Bapa "meletakkan segala sesuatu di bawah kaki Kristus" (Ef 1:20-22). Kristus adalah Tuhan semesta alam Bdk. Ef 4:10; 1 Kor 5:24.27-28. dan sejarah. Dalam Dia sejarah manusia, malahan seluruh ciptaan sekali lagi "dipersatukan" di bawah satu kepala (Ef 1:10), dan secara transenden disempurnakan.

669.  Sebagai Tuhan, Kristus adalah juga Kepala Gereja, yang adalah Tubuh-Nya Bdk. Ef 1:22.. Walaupun Ia telah diangkat dan dimuliakan di dalam surga, karena Ia telah menyelesaikan perutusan-Nya secara penuh, namun Ia tinggal di dunia dalam Gereja-Nya. Penebusan adalah sumber otoritas yang Kristus jalankan dalam Gereia-Nya berkat Roh Kudus Bdk. Ef 4:11-13.. "Gereja, atau Kerajaan Kristus yang sudah hadir dalam misteri" adalah "benih dan awal Kerajaan-Nya di dunia ini" (LG 3;5).

670.  Sejak kenaikan ke surga, rencana Allah mulai dipenuhi. Kita sudah hidup dalam "waktu terakhir" (1 Yoh 2:18) Bdk. 1 Ptr 4:7.. "Jadi sudah tibalah bagi kita akhir zaman (lih. 1 Kor 10:11). Pembaharuan dunia telah ditetapkan, tak dapat dibatalkan, dan secara nyata mulai terlaksana di dunia ini. Sebab sejak di dunia ini Gereja ditandai kesucian yang sesungguhnya meskipun tidak sempurna" (LG 48). Sudah sekarang Kerajaan Kristus menunjukkan kehadirannya melalui tanda-tanda ajaib Bdk. Mrk 16:17-18., yang mengiring pewartaannya oleh Gereja Bdk. Mrk 16:20..

... Sampai Segala Sesuatu Ditaklukkan kepada-Nya

671.  Kerajaan Kristus sudah Ada dalam Gereja, namun belum diselesaikan oleh kedatangan Raja di bumi "dengan segala kekuasaan dan kemuliaan" (Luk 21:27) Bdk. Mat 25:31.. Ia masih diserang oleh kekuatan-kekuatan jahat Bdk. 2 Tes 2:7., walaupun mereka sebenarnya sudah dikalahkan oleh Paskah Kristus. Sampai segala sesuatu ditaklukkan kepada-Nya Bdk. 1 Kor 15:28., "sampai nanti terwujudkan langit baru dan bumi baru, yang diwarnai keadilan, Gereja yang tengah mengembara, dalam Sakramen-sakramen serta lembaga-lembaganya yang termasuk zaman ini, mengemban citra zaman sekarang yang akan lalu. Gereja berada di tengah alam tercipta, yang hingga kini berkeluh-kesah dan menanggung sakit bersalin, serta merindukan saat anak-anak Allah dinyatakan" (LG 48). Oleh karena itu orang Kristen berdoa, terutama dalam perayaan Ekaristi Bdk. 1 Kor 11:26., supaya kedatangan kembali Kristus Bdk. 2 Ptr 3:11-12. dipercepat, dengan berseru: "Datanglah Tuhan" (1 Kor 16:22; Why 22:17.20).

672.  Sebelum kenaikan-Nya ke surga, Kristus mengatakan bahwa waktunya belum tiba untuk mendirikan dengan mulia Kerajaan mesianis yang dinanti-nantikan Israel Bdk. Kis 1:6-7.. Kerajaan ini menurut para nabi Bdk. Yes 11:1-9., harus menghadirkan kekuasaan keadilan, cinta kasih dan kedamaian yang definitif untuk semua orang. Waktu yang sekarang ini, sesuai dengan perkataan 'Tuhan, adalah waktu Roh dan waktu untuk memberi kesaksian Bdk.Kis 1:8., tetapi juga waktu "kemalangan" (1 Kor 7:26) dan waktu ujian oleh yang jahat Bdk. Ef 5:16., yang juga mengganggu Gereja sendiri Bdk. 1 Ptr 4:17. dan membuka perjuangan hari-hari terakhir Bdk. 1 Yoh 2:18; 4:3; 1 Tim 4:1.. Itulah juga waktu untuk bertahan dan berjaga-jaga Bdk. Mat 25:1-13; Mrk 13:33-37..

Kedatangan Kristus yang Mulia sebagai Harapan untuk Israel

673.  Sejak kenaikan ke surga, terbayanglah kedatangan Kristus dalam kemuliaan Bdk. Kis 22:20., hanya saja kita "tidak tahu masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kekuasaan-Nya Bdk. Mrk 13:32. (Kis 1:7) Bdk. Mat 24:44. 1 Tes 5:2.. Kedatangan eskatologis ini dapat terjadi setiap saat, meskipun ia dan ujian di waktu terakhir, yang harus mendahului kedatangan itu Bdk. 2 Tes 2:3-12., masih "ditahan".

674.  Kedatangan Mesias yang dimuliakan pada setiap saat sejarah Bdk. Rm 11:31. bergantung dari hal ini, bahwa Ia diakui oleh "seluruh Israel" (Rm 11:26) Bdk. Mat 23:39., karena sebagian dari Israel "telah menjadi tegar" (Rm 11:25), sehingga mereka "tidak mempercayai" Yesus (Rm 11:20). Petrus mengatakan itu kepada orang Yahudi di Yerusalem: "Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diperuntukkan bagimu sebagai Kristus. Kristus itu harus tinggal di surga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dulu" (Kis 3:19-21). Dan Paulus mengatakan yang sama seperti itu: "Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain daripada hidup dari antara orang mati" (Rm 1 1: 15). Masuknya "jumlah genap" orang Yahudi (Rm 11:12) ke dalam Kerajaan mesianis langsung sesudah "jumlah yang penuh bangsa-bangsa lain" (Rm 11:25) Bdk. Luk 21:24. akan memberi kemungkinan kepada bangsa Israel, untuk melaksanakan "kepenuhan Kristus" (Ef 4:13), di mana "Allah menjadi semua untuk semua" (1 Kor 15:28).

dikutip dari Katekismus Gereja Katolik 'KGK 1Thn'