JAM  KERJA  SEKRETARIAT  GEREJA :       Selasa ~ Sabtu : 08.00 - 19.00,  Istirahat : 12.00 - 13.00            Minggu   : Pagi 07.00 - 10.00 , Sore 17.00 - 19.00.             LIBUR setiap Hari Senin dan Hari Libur Nasional           Telp : 6711509

Minggu, 18 November 2012

Hari 26 KGK

Hari   26

TEKS-TEKS SINGKAT

176.   Iman adalah satu ikatan pribadi manusia seutuhnya kepada Allah yang mewahyukan Diri. Di dalamnya terdapat persetujuan akal budi dan kehendak terhadap wahyu Diri Allah melalui perbuatan dan perkataan-Nya.

177.   Dengan demikian "percaya" mempunyai hubungan ganda: hubungan dengan pribadi dan hubungan dengan kebenaran; kegiatan iman berhubungan dengan kebenaran melalui kepercayaan kepada pribadi yang memberi kesaksian tentang kebenaran itu.

178.   Kita tidak boleh percaya akan orang lain selain akan Allah, Bapa, Putera, dan Roh Kudus.

179.   Iman adalah anugerah adikodrati dari Allah. Supaya dapat percaya, manusia membutuhkan pertolongan batin dari Roh Kudus.

180.   "Beriman" adalah kegiatan manusia yang sadar dan bebas, yang sesuai dengan martabat pribadi manusiawi.

181.   "Beriman" adalah satu kegiatan gerejani. Iman Gereja mendahului iman kita, memberi kesaksian, menopangnya dan memupuknya. Gereja adalah ibu semua orang beriman. "Tidak seorang pun dapat mempunyai Allah sebagai Bapa, kalau ia tidak mempunyai Gereja sebagai ibu" (Siprianus, unit. eccl.).

182.   "Kita mengimani segala sesuatu, yang terdapat dalam Sabda Allah Yang tertulis atau yang diwariskan dan yang disampaikan oleh Gereja supaya diimani sebagai kebenaran yang diwahyukan Allah" (SPF 20).

183.   Iman itu perlu untuk keselamatan. Tuhan sendiri berkata: " Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum" (Mrk 16:16).

184.   "Iman adalah prarasa dari pengetahuan, yang akan membuat kita bahagia dalam kehidupan yang akan datang" (Tomas Aqu., comp. 1,2).

Pengakuan iman apostolik

Aku percaya akan Allah, Bapa yang maha kuasa, Pencipta langit dan bumi.

Dan akan Yesus Kristus, Putera-Nya yang tunggal, Tuhan kita,

yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria; yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, wafat dan dimakamkan; yang turun ke tempat penantian,

pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati; yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang maha kuasa; dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.

Aku percaya akan Roh Kudus,

Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus, pengampunan dosa,

kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.


Pengakuan iman Nisea-Konstantinopel

Kami percaya akan satu Allah, Bapa yang maha kuasa, pencipta langit dan bumi dan segala sesuatu yang kelihatan dan tak kelihatan.

Dan akan satu Tuhan Yesus Kristus, Putera Allah yang tunggal. la lahir dari Bapa sebelum segala abad. Allah dari Allah, terang dari terang, Allah benar dari Allah benar. la dilahirkan, bukan dijadikan, sehakikat dengan Bapa segala sesuatu dijadikan oleh-Nya. la turun dari surga untuk kita manusia, dan untuk keselamatan kita.

Dan Ia menjadi daging oleh Roh Kudus dari Perawan Maria: dan menjadi manusia. la pun disalibkan untuk kita. Waktu Pontius Pilatus la wafat kesengsaraan dan dimakamkan.

Pada hari ketiga Ia bangkit, menurut Kitab Suci. la naik ke surga, duduk di sisi Bapa. la akan kembali dengan mulia, mengadili orang yang hidup dan yang mati; Kerajaan-Nya takkan berakhir.

Kami percaya akan Roh Kudus, Ia Tuhan yang menghidupkan; Ia berasal dari Bapa dan Putera. Yang serta Bapa dan Putera disembah dan dimuliakan; Ia bersabda dengan perantaraan para nabi.

Kami percaya akan Gereja yang satu, kudus, katolik, dan apostolik. Kami mengakui satu Pembaptisan akan penghapusan dosa.

Kami menantikan kebangkitan orang mati. Dan hidup di akhirat. Amin.


dikutip dari Katekismus Gereja Katolik 'KGK 1Thn'