JAM  KERJA  SEKRETARIAT  GEREJA :       Selasa ~ Sabtu : 08.00 - 19.00,  Istirahat : 12.00 - 13.00            Minggu   : Pagi 07.00 - 10.00 , Sore 17.00 - 19.00.             LIBUR setiap Hari Senin dan Hari Libur Nasional           Telp : 6711509

Senin, 31 Desember 2012

Hari 81 KGK

Hari  81

Pantulan Kerajaan: Perubahan Rupa [transfigurasi]

554.  Sejak saat Petrus mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Putera Allah yang hidup, "Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan... lalu dibunuh, dibangkitkan pada hari ketiga" (Mat 16:21). Petrus menolak pernyataan itu Bdk. Mat 16:22-23.; juga yang lain-lain tidak mengerti perkataan itu Bdk. Mat 17:23; Luk 9:45.. Dalam hubungan ini terdapatlah kejadian perubahan rupa Bdk. Mat 17:1-8; 2 Ptr 1:16-18. Yesus yang penuh rahasia di atas gunung yang tinggi di depan tiga saksi yang terpilih oleh-Nya: Petrus, Yakobus, dan Yohanes. Wajah dan pakaian Yesus menjadi putih berkilau-kilauan; Musa dan Elia nampak dan berbicara "tentang tujuan kepergian-Nya yang akan digenapi-Nya di Yerusalem" (Luk 9:31). Awan datang menaungi mereka dan satu suara dari surga berkata: "Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia" (Luk 9:35).

555.  Untuk sementara Yesus membiarkan kemuliaan ilahi-Nya bersinar, dengan demikian meneguhkan pengakuan Petrus. Ia juga menunjukkan bahwa Ia harus menderita kematian di salib di Yerusalem "untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya" (Luk 24:26). Musa dan Elia telah melihat kemuliaan Allah di atas gunung; hukum dan para nabi telah mengumumkan penderitaan Mesias Bdk. Luk 24:21.. Kesengsaraan Yesus adalah kehendak Bapa. Putera bertindak sebagai Hamba Allah Bdk. Yes 42:1.; awan adalah tanda kehadiran Roh Kudus; "Seluruh Tritunggal tampak: Bapa dalam surga, Putera sebagai manusia, dan Roh Kudus dalam awan yang bersinar" (Tomas Aqu., s. th. 3,45,4 ad 2).

"Engkau dimuliakan di atas gunung, dan sejauh mereka mampu untuk itu, murid-murid-Mu memandang kemulian-Mu, Kristus Allah, supaya apabila memandang Engkau yang tersalib, mereka mengerti bahwa kesengsaraan-Mu adalah sukarela, dan dengan demikian mereka menyampaikan kepada dunia bahwa Engkau sesungguhnya cahaya Bapa" (Liturgi Bisantin, Kontakion pada pesta "Yesus Menampakkan Kemuliaan-Nya").

556.  Pada awal kehidupan-Nya di depan umum terdapat Pembaptisan, pada awal Paskah perubahan rupa. Dalam Pembaptisan Yesus diumumkan "rahasia kelahiran haru yang pertama": Pembaptisan kita; perubahan rupa adalah "Sakramen kelahiran kembali kedua": kebangkitan kita (Tomas Aqu., s. th. 3,45,4, ad 2). Sejak sekarang kita mengambil bagian dalam kebangkitan Tuhan melalui Roh Kudus, yang bekerja di dalam Sakramen-sakramen Gereja, Tubuh Kristus. Perubahan rupa memberi kepada kita satu bayangan mengenai kedatangan Kristus kembali dalam kemuliaan, "yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia" (Flp 3:21). Tetapi ia juga mengatakan kepada kita bahwa kita "harus mengalami banyak sengsara untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah" (Kis 14:22).

"Itulah yang Petrus belum mengerti, ketika ia hendak hidup bersama Kristus di atas gunung Bdk. Luk 9:33.. Ia menunda itu bagimu, Petrus, sampai waktu sesudah kematian-Nya. Tetapi sekarang Ia sendiri mengatakan: Turunlah, untuk bekerja keras, untuk melayani, untuk dihina dan disalibkan di atas bumi. Kehidupan turun untuk membiarkan dirinya dibunuh; roti turun, untuk menderita kelaparan; (sang) jalan turun, supaya menjadi letih di jalan; sumber air turun untuk menderita kehausan - dan kamu menolak untuk berusaha keras?" (Agustinus, serm. 78,6).

Yesus Naik ke Yerusalem

557.  "Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke surga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem" (Luk 9:51) Bdk. Yoh 13:1.. Dengan keputusan ini Yesus menandaskan bahwa Ia siap naik ke Yerusalem untuk mati. Tiga kali Ia mengumumkan kesengsaraan dan kebangkitan-Nya Bdk. Mrk 8:31-33; Mrk 9:31-32; Mrk 10:32-34.. Ketika Ia mendekati Yerusalem, Ia berkata: "Tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem" (Luk 13:33).

558.  Yesus ingat akan mati syahid para nabi yang sudah dibunuh di Yerusalem Bdk. Mat 23:37a.. Walaupun demikian, Ia mengajak Yerusalem dengan tabah supaya berhimpun di sekeliling-Nya: "Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau" (Mat 23:37b). Ketika Yerusalem sudah kelihatan, Ia menangis karena kota itu dan sekali lagi mengungkapkan kerinduan-Nya yang mendalam: "Betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! Tetapi sekarang ini hal itu tersembunyi bagi matamu" (Luk 19:42).

Masuk ke Yerusalem sebagai Mesias

559.  Bagaimana Yerusalem akan menerima Mesiasnya? Yesus selalu mengelakkan usaha rakyat untuk menjadikan-Nya raja Bdk. Yoh 6:1.. Sekarang Ia memilih saatnya dan menyiapkan perjalanan mesianis-Nya memasuki kota "Bapa-Nya Daud" (Luk 1:32) Bdk. Mat 21:1-11.. Ia dielu-elukan sebagai Putera Daud, sebagai orang, yang membawa keselamatan ("Hosanna" berarti "berilah keselamatan"). Akan tetapi "raja kemuliaan" (Mzm 24:7-10) datang "sambil mengendarai seekor keledai" (Za 9:9), masuk ke dalam kota-Nya; Ia mendapati puteri Sion, lambang Gereja-Nya, bukan dengan tipu muslihat dan kekerasan, melainkan dengan rendah hati, yang memberi kesaksian mengenai kebenaran Bdk. Yoh 18:37.. Karena itu, pada hari ini anak-anak Bdk. Mat 21:15-16; Mzm 8:3. membentuk Kerajaan-Nya dan juga "orang-orang miskin Allah", yang memanggil Dia dengan nama, yang disampaikan para malaikat kepada para gembala Bdk. Luk 19:38; Luk 2:14.. Seruannya "diberkatilah dia yang datang atas nama Tuhan" (Mzm 118:26), dimasukkan Gereja dalam Sanktus perayaan Ekaristi untuk membuka peringatan akan Paskah Tuhan.

560.  Masuknya Yesus ke Yerusalem mengumumkan kedatangan Kerajaan, yang dibawa Mesias-Raja melalui Paskah kematian dan kebangkitan-Nya. Dengan perayaan masuknya ini pada hari Minggu Palma, Gereja membuka Pekan Suci.

dikutip dari Katekismus Gereja Katolik 'KGK 1Thn'