JAM  KERJA  SEKRETARIAT  GEREJA :       Selasa ~ Sabtu : 08.00 - 19.00,  Istirahat : 12.00 - 13.00            Minggu   : Pagi 07.00 - 10.00 , Sore 17.00 - 19.00.             LIBUR setiap Hari Senin dan Hari Libur Nasional           Telp : 6711509

Jumat, 15 Juni 2012

ZIARAH BERSAMA DI BULAN MARIA

ZIARAH BERSAMA DI BULAN MARIA
Catatan Kegiatan dari 3 Lingkungan


Lingkungan St. Gregorius Agung 5 ber-Maria
Kebersamaan. Kata itulah yang mengilhami umat Lingkungan Gregorius Agung 5 (Liga 5) berziarah ke Goa Maria Kerep Ambarawa. Biasanya berziarah identik berbondong-bondong dengan bus-bus besar, namun tidak demikian keadaannya di Liga 5.
Awalnya, Liga 5 selalu berkegiatan bareng Liga 4. Karena mulai tahun 2012 ini Liga 4 ingin berkegiatan sendiri, Liga 5 yang merasa “disapih” ingin tetap eksis dalam berkegiatan. Jadilah kami, 25 KK berkumpul di rumah Ketua Lingkungan. Hasilnya? kami merencanakan kegiatan untuk setahun dengan disepakati seluruh umat, minimal perwakilan KK. Salah satunya adalah kegiatan ziarah.
Akhir April, peserta mulai didata. Ada 6 mobil pribadi siap mengangkut seluruh umat. Rencana kegiatan rohani-jasmani disiapkan, mulai dari rencana Misa Kudus, Doa Rosario, sampai makan malam bersama.
Sabtu, 4 Mei 2012 warga berkumpul. Di luar dugaan mobil yang siap mengangkut ada 10, umat yang berkumpul 46. Berangkat dari Graha Mukti pukul 17.00. Perjalanan padat merayap dan macet. Sampai di Goa Maria Kerep, rombongan disambut hujan lebat. Kami langsung mengikuti Perayaan Ekaristi bersama dengan kelompok peziarah dari Surabaya. Meriah. Itulah kesan Misa Kudus pada saat itu. Dengan koor dan iringan musik warga Liga 5, Misa berlangsung khidmat. Dengan gaya dan perumpamaan yang sangat menarik, Romo dalam homilinya mengajak umat untuk fokus dalam berdoa. Ketika berdoa atau mengikuti Misa, pikiran tidak kemana-mana. Sayang, hujan lebat tidak memberi kami kesempatan untuk berlama-lama dengan Bunda Maria. Kami pun menuju sebuah rumah yang disewa oleh seorang warga untuk berkuliner dan berwawan hati. Doa Rosario mengawali pertemuan, dilanjutkan dengan wedang jahe sumbangan warga beserta segala macam klethikan, dan nasi pecel khas Goa Kerep tapi buatan ibu-ibu lingkungan. Sungguh terjalin kebersamaan yang sangat menyenangkan.
Pukul 23.00 rombongan kembali ke Semarang. Bunda Maria terpateri dalam hati umat Liga 5, meskipun kami tidak dapat berlama-lama duduk di depan goa.Terima kasih Bunda Maria. Karena Bundalah kami bersatu dalam kebersamaan.

Lingkungan St. Matius Ziarah ke Lawangsih dan Jatiningsih
Umat Lingkungan Matius wilayah F1 Paroki Santo Paulus Sendangguwo mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Brayat Pinuji dan Panti Wreda Boro pada Minggu, 27 Mei 2012. Kunjungan ini disambut gembira baik oleh para lansia /jompo maupun anak-anak Panti Asuhan. Khusus di PA Brayat Pinuji, rombongan bersama anak-anak Panti mengikuti perayaan Ekaristi tepat pukul 11.00 yang dipersembahkan oleh Romo Yohanes Yunuar Ismadi Pr. Berangkat dari Tlogosari pukul 05.30 dengan tiga mobil ‘Travello’ dan satu mobil Pick Up, rombongan berjumlah 36 orang dipimpin Bapak Tunjung dan dikawal alias didampingi Ketua Wilayah F1 Bapak Budiono. Dalam kunjungan ke Boro ini, umat Matius menyerahkan beberapa kebutuhan sehari-hari baik kepada Panti Wreda (jompo) maupun Panti Asuhan (anak-anak). Mereka berjumlah 35 orang di Panti Wreda dan 80 anak di Panti Asuhan.
Selesai kunjungan, rombongan berziarah ke Goa Maria Lawangsih yang jaraknya kira-kira 20 km dari Boro. Mendekati objek Lawangsih, terdapat jalan menanjak yang sangat terjal. Pada tanjakan inilah ada sebuah bis kecil yang mogok dan di depannya terdapat Grand Livina yang juga mogok. Kedua kendaraan ini mengakibatkan mobil rombongan kami ikutan mogok. Penumpang ramai-ramai keluar dari mobil dan berjalan mendaki tanjakan tersebut. Singkat cerita, akhirnya selamat sampai tujuan. Untuk ini disarankan kepada umat yang akan ziarah ke Lawangsih agar melalui jalan lain yaitu lewat desa Sribit.
Setelah doa di Goa Maria Lawangsih, tujuan berikutnya adalah Goa Maria Jatiningsih yang letaknya relatif dekat dengan Lawangsih (kira-kira 25 menit ke arah Yogyakarta). Di Jatiningsih ini umat mengambil tempat agak jauh dari patung Bunda Maria, untuk Doa Rosario bersama. Kunjungan dan ziarah yang menjadi tujuan utama tercapai. Rombongan bergerak menuju ke Mirota Batik Pakem dan RM Muara Kapuas di jalan Kaliurang. Durasi waktu perjalanan Jatiningsih - Mirota lebih kurang satu jam. Ini bentuk kunjungan wisatanya. Kemudian pukul 19.30 – pk.23.00 rombongan melakukan perjalanan pulang ke Semarang.

Ziarah Wisata Umat Lingkungan St. Thomas Rasul
Mengisi kegiatan Bulan Maria pada Mei 2012, Lingkungan Santo Thomas Rasul menyelenggarakan kegiatan devosi dan ziarah. Devosi kepada Bunda Maria diselenggarakan dalam bentuk Ibadat dan Doa Rosario setiap hari selama 31 hari, secara bergantian dari rumah ke rumah umat. Minat umat untuk hadir dalam devosi sa ngat besar, dibuktikan yang hadir setiap hari rata-rata 30 orang.
Untuk lebih mengakrabkan antar pribadi umat, pada tanggal 27 Mei 2012 diselenggarakan Ziarah ke Goa Maria Tritis di Wonosari, Ganjuran dan diakhiri dengan menikmati suasana malam di sekitar alun-alun Kraton Yogyakarta. Peserta yang ikut 44 orang, khidmat, dan meriah. Dari kesaksian umat mengikuti devosi selama sebulan dan dilengkapi ziarah: “pokoknya puas, iman umat semakin mendalam, umat pun semakin akrab“.
      

B Mardiyono






Tidak ada komentar: