JAM  KERJA  SEKRETARIAT  GEREJA :       Selasa ~ Sabtu : 08.00 - 19.00,  Istirahat : 12.00 - 13.00            Minggu   : Pagi 07.00 - 10.00 , Sore 17.00 - 19.00.             LIBUR setiap Hari Senin dan Hari Libur Nasional           Telp : 6711509

Kamis, 21 Juni 2012

KUNJUNGAN BAPA USKUP KE GSP

KUNJUNGAN BAPA USKUP KE GSP


Sebagai tanda kedewasaan iman, seorang Katolik menerima Sakramen Penguatan / Krisma, yang hanya dapat diterimakan oleh seorang Uskup atau yang mewakilinya (bila berhalangan tetap) sebagai Gembala Agung. Untuk itu pada hari Minggu 20 Mei 2012, Bapa Uskup kita Mgr. Johannes Pujasumarta berkenan menerimakan Sakramen Penguatan kepada 242 umat Paroki St. Paulus Sendangguwo.
Perayaan Ekaristi saat itu terpaksa dimulai pukul 17.00, agar dapat usai tidak terlalu malam karena setelah Ekaristi akan diselenggarakan wawan hati umat bersama Bapa Uskup. Sekalipun sudah diumumkan jauh sebelumnya, ternyata masih banyak umat yang terlambat karena tidak tahu kalau Misa Minggu saat itu dimulai pukul 17.00, tidak seperti biasa pukul 17.30.
Dalam homilinya Bapa Uskup menegaskan arti pentingnya Sakramen Krisma, yaitu bahwa dengan Sakramen Krisma, kita menerima "Kepenuhan Roh Kudus" sehingga kita dapat secara penuh dan aktif berkarya dalam Gereja. Sebenarnya Roh Kudus sudah kita terima saat Permandian, yaitu Roh yang menjadikan kita Anak-Anak Allah, dan yang membersihkan kita dari dosa asal. Dalam Sakramen Krisma juga ada pengurapan dengan Minyak Krisma yang berarti kita yang sudah menerima Sakramen Krisma di-Kudus-kan, dan menerima kuasa untuk melakukan tugas perutusan kita sebagai umat beriman. Dengan menerima Sakramen Krisma, kita menerima Roh Kudus yang merupakan meterai, tanda bahwa kita ini milik Allah, dan dengan menerima Krisma berarti kita juga dinilai sudah dewasa dalam iman, dilantik menjadi saksi iman dan terlibat penuh dalam Gereja.
Setelah Ekaristi, dilanjutkan dengan wawan hati para wakil umat dengan Bapa Uskup yang didahului dengan acara makan malam bersama. Selain wakil umat dan anggota Dewan Paroki, juga hadir para Katekis yang berbahagia karena anak didiknya dapat menerima Sakramen Krisma pada saat itu. Acara berlangsung akrab dan dalam suasana kekeluargaan, tampak Bapa Uskup dengan ramah berbincang-bincang cukup serius dengan beberapa tamu, sambil menikmati jajan pasar yang disediakan oleh Ibu-Ibu Paroki. Para tamu juga sempat bergambar bersama beliau. Pada sekitar pukul 20.45, karena dirasa sudah cukup larut dan Bapa Uskup sudah lelah setelah seharian mengunjungi 2 paroki, maka beliau pamit undur diri dan kembali ke Wisma Uskup.

Tidak ada komentar: