JAM  KERJA  SEKRETARIAT  GEREJA :       Selasa ~ Sabtu : 08.00 - 19.00,  Istirahat : 12.00 - 13.00            Minggu   : Pagi 07.00 - 10.00 , Sore 17.00 - 19.00.             LIBUR setiap Hari Senin dan Hari Libur Nasional           Telp : 6711509

Kamis, 14 Maret 2013

USKUP AGUNG BUENOS AIRES JADI PAUS KE 266

Uskup Agung Buenos Aires Argentina Jadi Paus




Setelah sebelumnya asap putih keluar pada Rabu 13 Maret 2013, pukul 19.05 waktu Vatikan atau Kamis 14 Maret 2013 pukul 01.14 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan sambutan massa yang berkumpul di Lapangan Basilika Santo Petrus yang terus mengkibar-kibarkan bendera dari negeri asal mereka dan bendera Vatikan. Juga beberapa orang yang mengangkat poster dan meneriakkan seruan ”Viva Il Papa”. Selanjutnya semua pandangan massa tertuju ke balkon Basilika Santo Petrus. Lampu-lampu penerangan yang diarahkan ke Basilika tersebut menerangi Balkon Basilika yang akan digunakan untuk mengumumkan Paus Baru.

Iring-iringan Pasukan Drumband Tentara Italia dan Pasukan Garda Swiss berjalan dengan serempak menuju bagian depan Basilika tepat di bawah Balkon tempat akan disampaikannya pengumuman Paus Baru.

Tepat pukul 20.12 waktu Vatikan atau hari Kamis 14 Maret pukul pukul 02.18 WIB Kardinal Tauran mewakili Kolegium Kardinal keluar menuju Balkon dan mengumumkan terpilihnya Paus Baru. ”Annuntio Vobis Gaudium magnum: Habemus Papam,” ujarnya. Kata-kata Latin ini berarti: ”kami mengumumkan dengan sukacita yang besar, kita telah memiliki Paus baru”. Setelah pengumuman tersebut, Paus Baru dengan nama Paus Fransisco keluar menuju Balkon Basilika Santo Petrus dan menyapa massa yang berteriak-teriak menyebut namanya.

Paus Baru dari Argentina ini memiliki nama asli Jorge Mario Bergoglio, SJ. Ia adalah Jesuit pertama dalam sejarah, yang terpilih menjadi Paus. Uskup Agung Buenos Aires, Argentina ini dikenal sebagai intelektual Jesuit yang suka bepergian dengan bus dan memiliki perhatian terhadap kemiskinan. Ketika Ia diangkat menjadi Kardinal, Ia membujuk ratusan umat Argentina untuk tidak terbang ke Roma merayakan Natal atau Paskah. Ia malah berharap kepada umatnya untuk memberikan uang untuk membeli tiket kepada orang miskin. Paus baru ini juga dikenal sebagai penentang keras kebijakan pemerintah Argentina dalam melegalkan pernikahan gay pada tahun 2010. Ia dilantik kardinal oleh Yohanes Paulus II pada tanggal 21 Februari 2001.

diambil dari Hidupkatolik.com

Tidak ada komentar: